Bangkit dari Penyakit Negeri!


Selamat siang sahabat... ^^


Tepat hari ini tanggal 20 Mei 2013, adalah miladnya 'Hari Kebangkitan Nasional' bagi Rakyat Indonesia yang ke 105 Tahun. Sejenak kita buka membuka sejarah lama yuk. Menurut Mr. Wikipedia Kebangkitan Nasional adalah Masa dimana Bangkitnya Rasa dan Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan Belanda dan Jepang. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). Masa ini merupakan salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masa  Eduard Douwes Dekker, sastrawan, yang dikenal dengan nama pena Multatuli.

Yang jadi pertanyaan saya adalah... mungkin iya kita telah bangkit dari keterpurukan dan segala macam peristiwa pada saat itu. Tapi kini... nyatanya kita masih terpuruk dari segala jenis tetek bengek yang merangsek disetiap pojok jiwa Nusantara ini. Kebangkitan yang sangat mencolok saat ini adalah kebangkitannya para koruptor, kebangkitannya para elit politik yang haus akan kekuasaan!


Apa iya, kita sudah bangkit? Bangkit dari kemiskinan dan kebodohan yang jadi trademark 'Hari Kebangkitan Nasional' itu sendiri? rasanya masih jauh.. karena kita masih saja menjadi penonton rakyat kecil yang dengan susah payah mengejar lembaran-lembaran rupiah untuk sekedar makan sehari tiga kali. Kita masih saja menjadi penonton setia dari kebodohan-kebodohan yang dimainkan oleh para penguasa di era sekarang! yup! mereka terlalu bodoh dengan bersembunyi dibalik title yang jadi label kepintaran mereka... 

Menyebalkan rasanya, moment-moment yang diperjuangkan oleh tokoh-tokoh yang mempelopori Kebangkitan Nasional. Harus dikotori oleh mereka-mereka yang asyik wara-wiri dilayar kaca sebagai terdakwa kebejatan meraup haq si fakir. Makin miris jika mengingat, melihat dan hanya bisa mengumpat !

SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL!

Mudah-mudahan masih ada semangat untuk bangkit dari segala penyakit Negeri ini, meneladani para pejuang di era lampau, mencontoh semangat pemuda-pemuda yang dengan kesungguhannya berikrar untuk 'Kebangkitan Nasional' !!! 

Masih dari Mr. Wikipedia, bukan sekedar info : :D
  • Tokoh-tokoh yang mempolopori Kebangkitan Nasional, antara lain yaitu :

  1. Sutomo
  2. Ir. Soekarno
  3. Dr. Tjipto Mangunkusumo
  4. Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara)
  5. dr. Douwes Dekker dan Lain-Lain

  • Asal usul Kebangkitan Nasional
Pada tahun 1912 berdirilah Partai Politik pertama di Indonesia (Hindia Belanda), Indische Partij. Pada tahun itu juga Haji Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam (di Solo), KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah (di Yogyakarta), Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra di Magelang. Kebangkitan pergerakan nasional Indonesia bukan berawal dari berdirinya Boedi Oetomo, tapi sebenarnya diawali dengan berdirinya Sarekat Dagang Islam pada tahun 1905 di Pasar Laweyan, Solo. Sarekat ini awalnya berdiri untuk menandingi dominasi pedagang Cina pada waktu itu. Kemudian berkembang menjadi organisasi pergerakan sehingga pada tahun 1906 berubah nama menjadi Sarekat Islam.


Suwardi Suryaningrat yang tergabung dalam Komite Boemi Poetera, menulis "Als ik eens Nederlander was" ("Seandainya aku seorang Belanda"), pada tanggal 20 Juli 1913 yang memprotes keras rencana pemerintah Hindia Belanda merayakan 100 tahun kemerdekaan Belanda di Hindia Belanda. Karena tulisan inilah dr. Tjipto Mangunkusumo dan Suwardi Suryaningrat dihukum dan diasingkan ke Banda dan Bangka, tetapi karena "boleh memilih", keduanya dibuang ke Negeri Belanda. Di sana Suwardi justru belajar ilmu pendidikan dan dr. Tjipto karena sakit dipulangkan ke Hindia Belanda.
Saat ini, tanggal berdirinya Boedi Oetomo, 20 Mei, dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.
Sekian, semoga bermanfaat! 

Komentar

  1. Balasan
    1. Semangat!.. ^o^/

      Makasih kunjungannya Mak :D

      Hapus
  2. salam kenal mba.... selamat hari kebangkitan nasional..... semoga bangsa kita mampu bangkit dari keterpurukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mbak... Amiinn...
      dimulai dari diri sendiri .. :)
      makasih mo mampir... ^^

      Hapus
  3. merdekaaaaaaa ..mari bangkit dari penyakit yang mengerogoti bangsa :)

    BalasHapus
  4. Ayo untuk para pemuda pemudi bangsa..... Bangsa ini maju dengan langkah kalian
    Niche blog

    BalasHapus
  5. negri ini memerlukan revolusi mental dr anak bngsanya... slm kenal !

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat mas.. :D
      salam kenal kembali.. ^^

      Hapus

Posting Komentar

Makasih buat jejaknya... ^_^

Postingan populer dari blog ini

Nyaman Terbang dengan Maskapai Terbaik, Bye Bye Aerofobia!

Pecahan Pagi...

“Hanya di Kota Tomohon, Manado, Anda Dapat Menyaksikan Hamparan Bunga dan Festival Bunga Seperti di Luar Negeri”