Baby Fay dan Flu Singapura

Flu Singapura! Mungkin sebagian sudah familiar dengan penyakit yang satu ini, namun jujur saya malah baru ngeh pas tepat sebulan yang lalu jagoan kedua mengidap penyakit ini. Jadiii, karena berasa penting akhirnya saya posting tentang penyakit yang aduhai bikin mata saya sipit. Lumayanlah hampir satu minggu kurang tidur jagain Baby Fay yang galau gak bisa bobo karena penyakit ini. 

Awalnya saya kira Baby Fay kena DBD, karena panasnya yang turun naik dan muncul bintik-bintik merah. Tapi setelah konsultasi dengan Dokter, ternyata positif Baby Fay terkena Flu Singapura. Beneran nelangsa sih, apalagi di rongga mulutnya juga bintik-bintik itu maksimal buat Baby Fay gak bisa makan. Sama persis kaya lagi sariawan. Kebayang kan, di usianya yang masih batita Baby Fay kudu sabar nahan suhu panas di badannya, belum lagi bintik-bintik yang cukup bikin mata mendelik itu makin hari makin bertambah. Terus kondisi mulut yang gak nyaman buat nelan makanan. Yup! cuma disekitar tangan, kaki dan mulut memang. Makanya istilah penyakit ini di Indonesia dinamakan dengan penyakit PTKM (Penyakit Tangan Kaki dan Mulut).

Buat lebih jelasnya berikut penjelasan tentang Flu Singapura yang saya copas dari wikipedia.

Flu Singapura adalah penyakit berjangkit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam familia Picornaviridae (bahasa Spanyol Pico:kecil), Genus Enterovirus (non Polio). Dalam dunia kedokteranFlu Singapura dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit KakiTangan, dan Mulut (KTM). Di dalam Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus danEnterovirus. Penyebab KTM yang paling sering pada pasien rawat jalan adalah Coxsackie A16, sedangkan yang sering memerlukan perawatan karena keadaannya lebih berat atau ada komplikasi sampai meninggal adalah Enterovirus 71. Berbagai enterovirus dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas. KTM adalah penyakit umum yang menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 5 tahun (kadang sampai 10 tahun). Orang dewasa umumnya kebal terhadap enterovirus. Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui dropletair liurtinjacairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh sekresi itu. Tak ada vaktor tapi ada pembawa seperti lalat dan kecoa. Penyakit KTM ini mempunyai imunitas spesifik, namun anak dapat terkena KTM lagi oleh virus strain enteroviruslainnya. Masa inkubasinya sekitar 2-5 hari. Sementara untuk waktu terekspos sampai terkena penyakit 3-7 hari.

Mula-mula demam tidak tinggi 2-3 hari, diikuti sakit leher (pharingitis), tidak ada nafsu makan, pilek, ruam di bagian mulut, tangan dan kaki, dan mungkin di bagian popok. Gejala seperti flu pada umumnya yang tak mematikan. Timbul vesikel yang kemudian pecah, ada 3-10 ulcus di mulut seperti sariawan terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Timbul rash/ruam atau vesikel (lepuh memerah/blister yang kecil dan rata),papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki. Bila ada muntah, diare atau dehidrasi dan lemah atau komplikasi lain maka penderita tersebut harus dirawat.
Jenis virus tertentu gejalanya dapat lebih parah yaitu :
  1. Demam tinggi lebih dari 38 C selama 2 hari.
  2. Ada gejala flu, sesak napas, kejang-kejang, ulkus, seriawan pada rongga mulut, lidah, dan kerongkongan.
Jika timbul gejala seperti ini harap sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif karena dapat menyebabkan kematian. Tempo pengasingan yang disarankan adalah hingga lepuh kering.

Komentar

  1. Ya Alloh..:( Get well soon ya Baby Fay.. ga tega ih ngliat fotonya #hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Om Tod'.. Alhamdulillah udh sehat sekarang mah.. ^^

      Hapus
  2. semoga baby fay..cepet sembuh ya... aamiin

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah udah sehat ya dedek Fay nya teh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudaahh... Dian apa kabar? long time no see ya..

      Hapus
  4. Sht Alhamdulillah teh, iya udh lama, teteh sehat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...
      Teteh juga sehat, alhamdulillah ^^
      kpn ke Bogor Di'.. :)

      Hapus

Posting Komentar

Makasih buat jejaknya... ^_^

Postingan populer dari blog ini

Nyaman Terbang dengan Maskapai Terbaik, Bye Bye Aerofobia!

“Hanya di Kota Tomohon, Manado, Anda Dapat Menyaksikan Hamparan Bunga dan Festival Bunga Seperti di Luar Negeri”

Pecahan Pagi...