“Hanya di Kota Tomohon, Manado, Anda Dapat Menyaksikan Hamparan Bunga dan Festival Bunga Seperti di Luar Negeri”

Suka spot wisata taman bunga yang indah seperti Taman Bunga Keukenhof di Belanda? Atau Hitachi Seaside Park di Jepang? Tak perlu jauh-jauh keluar Negeri karena di Indonesia pun banyak sekali wisata taman bunga yang juga tak kalah indah. Wisata Kota Bunga Tomohon contohnya, merupakan salah satu wisata yang layak dikunjungi dan sayang jika dilewatkan begitu saja ketika Anda berwisata ke Manado.


Sumber: oldlook.indonesia.travel

Khususnya, bagi Anda para pecinta tanaman hias, cobalah sempatkan diri berkunjung kewisata yang satu ini. Keragaman bunga yang terhampar di segala penjuru dijamin akan membuat Anda terperangah akan keindahannya. Uniknya, di Manado, hanya di kota Tomohon saja Anda bisa menyaksikan hamparan bunga bermekaran. Tak hanya itu saja, festival bunga pun hanya bisa Anda saksikan di kota Tomohon.

Anda tentu bertanya-tanya, kenapa hanya di kota Tomohon saja hamparan bunga bisa Anda saksikan? Memang sedikit mengherankan, namun ternyata hal ini terjadi karena kota Tomohon memiliki kondisi tanah yang subur. Selain itu, kota Tomohon juga didukung oleh udara yang sejuk, sehingga beragam jenis tanaman, bunga dan sayuran, bisa di budidayakan di kota ini. 

Karena itulah kota Tomohon kemudian dikenal sebagai kota penghasil bunga. Kota yang terdiri dari 35 desa ini terletak sekitar 22 km sebelah timur kota Manado, atau sekitar satu jam berkendara dari Manado. Kota Tomohon diapit oleh dua gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu.

Menariknya, berkat kesuburan tanahnya, Kota Tomohon pun kerap mengadakan festival bunga, atau yang juga biasa disebut Tournament of Flower (TOF) pada pertengahan tahun antara bulan Juni atau Juli. Festival bunga biasanya turut dimeriahkan oleh beberapa kota lain di Indonesia. Bahkan, pada tahun 2015 dan 2016, perayaan festival bunga di kota ini juga mengikutsertakan beberapa negara tetangga. Acara festival yang bersifat internasional ini pun disebut sebagai Tomohon International Flower Festival.


Sumber: suzukimotormanado.com


Sumber: jawapos.com

Semerbak harum bunga tidak hanya bisa dicium dari festival yang digelar saja, tapi juga dari pekarangan rumah penduduk yang juga menjadi tempat bunga-bunga bermekaran. Jika Anda ingin melihat cantiknya hamparan bunga di kotaTomohon yang tak kalah dengan taman bunga di luar negeri, maka datanglah ke kaki Gunung Lokon pada musim bunga, yaitu sekitar bulan Desember, Januari, atau April. Dari sini, Anda bisa memandangi hamparan warna-warni aneka ragam bunga bermekaran. Pemandangan akan semakin sempurna ketika pagi hari, saat matahari masih hangat dan embun masih menempel pada kelopak bunga.


Sumber: pedomanwisata.com

Tak hanya puas memandangi panorama berlatarkan Gunung Lokon, Anda juga bisa menyalurkan hobi fotografi jika Anda menyukainya, ataupun berfoto selfie. Menjelajahi kawasan kota Tomohon juga bisa menjadi cara asyik menikmati keindahan bunga di kota ini. Banyak toko bunga di sepanjang jalan utama kota. Terkadang, beberapa penduduk setempat yang memiliki pekarangan dengan bunga yang bermekaran justru berbaik hati mempersilakan wisatawan memetik bunga yang disukai.

Berniat datang ke kota Tomohon? Kalau begitu Anda mungkin memerlukan informasi di bawah ini.

1. Wisata yang ada di kotaTomohon
Berlibur ke kota Tomohon, tentu Anda tak hanya ingin menikmati cantiknya bunga-bunga bermekaran, tapi juga spot lainnya yang mungkin dapat sekaligus dikunjungi. Menariknya, kota Tomohon memang tak hanya indah karena beragam jenis bunga yang tumbuh dan bermekaran, tapi juga berkat pegunungannya. Para pecinta alampun bisa menikmati kesejukan udara sekaligus panorama alam yang menawan di beberapa spot wisata kotaTomohon, seperti di GunungLokon, Gunung Mahawu, dan Danau Linow.

2. Suhu
Lokasinya yang berada di daerah pegunungan membuat kota Tomohon menjadi satu-satunya daerah di Manado yang berudara sejuk. Kisaran suhu di kota ini mencapai 30 derajat celcius pada sianghari. Sementara pada malam hari suhu bisa mencapai 23-24 derajat celcius. Bagi Anda yang tidak biasa dengan suhu dingin, pastikan baju yang cukup hangat sudah termasuk kedalam koper, ya.

3. Spot Wisata
Selain mewanti-wanti Anda agar mempersiapkan baju yang cukup hangat untuk menghadapi suhu sejuk kota Tomohon, Anda juga perlu mempersiapkan kendaraan. Akses jalan yang mayoritas berkelok dan curam, serta spot wisata yang jauh dari jalan utama kota menjadi alasan mengapa Anda memerlukan kendaraan selama berada di sini. Sedikit tips, sewalah mobil jika Anda ingin mengunjungi taman bunga di kaki gunung, agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

4. Akomodasi
Berlibur ke Manado ataupun kota Tomohon tentu tak cukup dalam waktu satuhari. Anda pasti akan membutuhkan akomodasi. Nah, untuk hal ini Anda tak perlu khawatir karena tersedia banyak guest house dengan fasilitas yang cukup baik di pusatkota. Tarifnya pun bervariasi. Anda tetap dapat memilih tempat menginap yang pas dan nyaman dihuni selama berlibur.

Itulah keindahan kota Tomohon di Manado. Bagaimana, tertarik berlibur kesana saat musimbunga? Kalau ‘Ya’,  pastikan perjalanan Anda aman dan fun berbekalkan beberapa tips di atas, ya. Selamat menantikan tibanya musim bunga dan cantiknya hamparan bunga di kota Tomohon.

You Might Also Like

4 comments

Makasih buat jejaknya... ^_^

Diberdayakan oleh Blogger.

Laporkan Penyalahgunaan

Halaman