:: Anakku syurga diduniaku... ::

Assallamu'alaikum.wr.wb....

Siang yang terik cukup berdebu dan menyuguhkan keinginan untuk bergumul dengan segelas juice strawberry... hmmm... ^_^ bersama alunan lagu dari MLTR mencoba mengimajinasikan sebuah gagasan, sebuah goresan yang terinspirasi dari Give away Give Away Mr. Arief... bertemakan tentang Anak...

Banyak hal tentang dunia anak yang perlu kita perhatikan dan review untuk melahirkan generasi - generasi yang syarat akan manfaat... banyak cerita dari dunia anak yang menjadi motivasi bahkan sensasi dalam hidup ini... banyak hal tentang anak yang melahirkan sebuah ide dan karya yang menunjang dalam beberapa hal menuju kesuksesan... entahlah hanya berusaha mencoba mengusik dunia Anak yang asyik... dan berlatar belakang seorang Bunda dari seorang putra yang kini sudah berusia 4th lebih...  untuk sekedar pamer, hehee.. bisa diliat hasil buah karya antara Bonit Notz dan suami... yang kami beri nama “ Jausyaq Fauzi Albian Pratama “ ... ^_^

tentang 4point yang mr. Arief jadikan syarat, saya coba mengupas dan mengulas berdasarkan pengalaman dan wawasan, selebih'a adalah sebuah harapan dan mimpi untuk bisa terwujud dalam aura damai penuh kebahagiaan dari-Nya, Sang Pencipta Mahluk yang sempurna...

Stay Tuned... ^_*

1.Bagaimana mendidik & mengarahkan anak sesuai potensi bakat & minat anak?
Potensi anak atau biasa disebut dengan bakat bisa terlihat dari semenjak dia lahir, namun terkadang hal ini terabaikan coz sering dan banyak'a perubahan – perubahan seiring perjalanan usia mereka, contoh kecil... my little prince dari sejak usia BATITA sudah terbiasa mendelik ketika mendengar alunan dari sebuah lagu bahkan tak jarang setiap melihat dan berhadapan dengan benda yang menimbulkan suara, dia dengan penuh suka cita tertawa bahagia... dan kini diusia'a menginjak TK ia sudah bisa menghafal beberapa lagu yang dengar'a.. bahkan soundtrack sinetronpun dengan fasih dia pamerkan.. ha'haa.. next untuk pengarahannya ada baik'a kita dekatkan dia dengan hal-hal yang menjadi kebiasaan/hobby'a... bisa dari membelikan'a CD LAGU anak-anak jika hobby'a bernyanyi, bisa dengan membelikan'a CRAYON/PINSIL WARNA jika hobby'a corat coret, bisa dengan mengajak'a kewahana Air jika dia respect ketika kita mengajak'a berenang sapa tau jadi Atlet.. hehee... ^^ diluar semua itu yang utama adalah memperhatikan agar anak tetap focus pada dunia pendidikkan... coz life is a learning... terlebih agamanya seperti sabda Rasulullah Saw :

" Didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara, mencintai Nabimu, mencintai Ahlul baitnya dan membaca Al-Qur'an, karena orang-orang yang memelihara Al-Qur'an itu berada disinggasana Allah pada hari ketika tidak ada perlindungan selain daripada perlindungan-Nya, mereka beserta para Nabinya dan orang-orang suci "
(HR. Ath-Tabrani)


2.Bagaimana jika menemui kendala anak yang bandel dan susah diatur.?
termasuk kategori pertanyaan yang sering saya ajukan pada beberapa teman/ sahabat, yang sudah lebih dulu bergaul dalam dunia anak... kebandelan/ kenakalan anak sering timbul karena beberapa hal... yang pasti'a ketika keingian'a tidak dituruti, hal lain kenakalan anak terjadi ketika dia merasa kurang perhatian... betapa tidak, intensitas seorang ibu yang bekerja adalah hal no. wahid yang menjadi alasan seorang anak menuntut sesuatu dan akhir'a bertindak extrim... coba luangkan waktu untuk mereka, minimal mandikanlah setiap pagi dan sediakan sarapannya dengan menyuapinya sebelum berangkat kerja, berilah perhatian dalam bentuk yang nyaman ajak share tentang beberapa hal yang kita alami atau dia alami... bermain bersama, bernyanyi bersama dan bercanda bersama adalah hal terindah coba jadikan motto " Anakku Adalah Syurga diduniaku... " tak lupa kesabaran adalah modal utama menangani prilaku anak... Bukankah Rasulullah SAW saja mampu bersabar bangkit dari sujudnya, disaat Hasan dan Husein, kedua cucunya itu menunggangi pundak beliau dikala shalat.

3.Perlukah kita menggunakan kekerasan dalam mendidik anak?
Dzhalim, jika orangtua berlaku kasar terhadap seorang anak, kendati pun sang anak nyata memang berbuat ulah. Sepatutnya orangtua menunjukkan sikap baik penuh kelembutan, agar sang anak mampu mengambil hikmah keteladanan dari perlakuan manis, miris ketika banyak'a berita ditv/media lain anak diusia dini dianiaya seorang ibu/ayah karena kenakanlan'a bahkan tak sedikit menjadi pengisi liang lahat... pahamilah bahwa setiap hal dalam hidup menuai alasan,... komunikasi yang hangat dan terbuka adalah hal yang paling tepat melerai sebuah kealfaan dan cobalah teraphy hati jika kekerasan adalah sebuah bencana... ingatlah anak adalah amanah Allah berfirman : 
“Sesungguhnya Allah memerintahkan kepada kalian untuk menunaikan amanah kepada orang yang berhak menerimanya.”

4.Bagaimana cara kita menyikapi & mengarahkan anak di era global yang penuh kemudahan dalam akses internet, fitur handphone yang multi fungsi & terjangkau?.
Era sekarang adalah era technologi sangat riskan ketika banyak'a situs diinternet dan fasilitas Handphone yang mengumbar keindahan, bergelut dalam dunia maya adalah hal yang terkadang menjadi satu kewajiban bahkan sangat melenakan, entah sudah berapa banyak korban anak remaja SLTP, SMK dll hilang dan ditemukan dengan kondisi setengah jiwa mereka terenggut bahkan melayang, korban penipuan yang terjadi dari bisikan dan rayuan mayapun menyebar luas tanpa batas, belum lagi tentang pornografi yang marak terjadi lagi-lagi dari kecanggihan technologi yang membumi... WASPADALAH!!! ada baik'a kita membatasi kegiatan anak bermain internet, kalau perlu kita dampingi saat ia tengah melanglang buana menjelajah alam maya dan minta password ketika anak membuat account disebuah jaringan sosial... sikapi dengan bijak ketika anak mulai merasa kebebasan'a terenggut, tanamkan pemahaman bahwa hidup itu adalah ujian...

Semoga bermanfaat.... ^_*
sebagai penutup, puisi ini adalah ungkapan untuk istri mas arief yang merayakan milad menyambut usia yang ke 20th..


Dulu...
Dalam remang 9bulan...
Terlahir terang penuh keharuan...

Dalam do'a yang terurai...
Terbentuk wajah imut penuh senyuman...

Kini...
Dalam rentang waktu berjalan...
ada dewasa yang melayang
melautkan sejuta khayal
melebarkan seluas harapan....
20th... masa yang menawan
lahirkan pribadi indah penuh dawai yang bergetar

Selamat Ulang Tahun
Semoga angan dan harapan teruntai dalam bait bait do'a tanpa jeda... amiin...

Allahu Yaa Rahman...

Wassallamu'alaikum.wr.wb...

Create your own banner at mybannermaker.com!
Notes : Article ini adalah remind to me'... ^_^

Komentar

  1. ARtikel sudah bagus.....
    Mohon diperhatikan kembali poin diparagraf terakhir yaitu ada ucapan & doa serta harapan peserta untuk Bayu Family, karena disitu ada istri saya yang berultah ke20 & ultah pernikahan kami yang pertama.... artikelnya tidak perlu dihapus cuma diedit ditambahin ucapan diakhir paragraf postingan..... :)

    BalasHapus
  2. maaf sedikit ada kekeliruan saya,,,hehehehe terima kasih artikelnya sudah saya verifikasi.... ternyata terselip dalam puisi tho ucapannya...hehehe ditunggu pengumumannya ya..... termia kasih banyak partisipasinya...........:)

    BalasHapus
  3. Hihiii... mas arief bikin bonit deg"an euy...
    just a' note.. semoga bermanfaat..

    makasih yaaa...

    BalasHapus
  4. Subhanalloh...artikel yang bagus...
    Bisa jadi bahan buat ntar klo Cha punya anak ^_^
    Makasih ilmunya ya...jadi pingin cepet2 menjadi ibu sholehah seperti teh Bonit

    Teh Boniz mudah2an menang ya hadiahnya...Tar bagi-bagi...^_*
    Cha pingin ikutan tetapi belum punya anak. He...he...

    BalasHapus
  5. syukron cha'...
    1hal teteh masih jauh jadi ibu solehah... but' itu untaian do'a yg indah... semoga.. ^^

    amiiinnn... ikutan z'... bebas qo g harus punya anak.. ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar

Makasih buat jejaknya... ^_^

Postingan populer dari blog ini

Manusia

Perkara Manusia...

“Hanya di Kota Tomohon, Manado, Anda Dapat Menyaksikan Hamparan Bunga dan Festival Bunga Seperti di Luar Negeri”