Sinar Mas Land & Homecare24 Selenggarakan Rapid Test Drive-Thru Gratis Berlokasi di BSD Xtreme Park

Proses pengambilan sampel darah dengan rapid test kit oleh para tenaga medis dalam aksi Gerakan Kemanusiaan oleh Sinar Mas Land dan Homecare24.

Sinar Mas Land dan Homecare24 menyelenggarakan rapid test kit gratis kepada seluruh masyarakat dalam program Gerakan Kemanusiaan Indonesia Melawan Covid-19.
Dalam kerja sama ini, Sinar Mas Land menyediakan tempat pemeriksaan di BSD Extreme Park dan konsumsi, baik bagi petugas medis yang berpuasa untuk berbuka maupun yang tidak berpuasa, selama kegiatan berlangsung.
Homecare24 menyiapkan rapid test kit dan petugas medis untuk memeriksa pengunjung yang datang setiap hari.
Pemeriksaan cepat tersebut ditargetkan dilakukan terhadap 500 orang per hari, mulai dari 7 hingga 10 Mei mendatang. Pemeriksaan dilakukan dengan konsep drive-thru untuk menghindari kerumunan dan demi menjaga physical distance. 
Penyelenggaraan dilaksanakan dengan sistem drive-thru baik dengan mobil atau motor sehingga peserta tetap dapat melakukan physical distancing.

BSD City, 07 Mei 2020 — Presiden Joko Widodo meminta pemerintah dan berbagai pihak agar melakukan rapid test atau uji pemeriksaan secara cepat, terutama pada sejumlah daerah yang sudah memiliki kasus positif Covid-19. Hal tersebut bermanfaat sebagai tindakan pencegahan agar jumlah kasus positif Covid-19 tidak semakin bertambah. Dengan mengetahui orang yang berpotensi positif Covid-19 lebih cepat, maka penanganan medis secara dini dapat segera dilakukan.

Untuk mendukung upaya pemerintah itu, Sinar Mas Land menjalin kerja sama dengan Homecare24 dalam program Gerakan Kemanusiaan Indonesia Melawan Covid-19 untuk menyediakan rapid test secara gratis kepada seluruh masyarakat. Group Division Head Digital Ventures & Emerging Business Sinar Mas Land, Herry Santoso, menjelaskan bahwa program tersebut berlangsung mulai dari 7 Mei hingga 10 Mei 2020 di BSD Xtreme Park. 
Penyelenggaraan dilaksanakan dengan sistem drive-thru baik dengan mobil atau motor sehingga peserta tetap dapat melakukan physical distancing.

Pemberian pemeriksaan kesehatan secara cepat itu dilakukan secara drive-thru dengan dua jalur untuk mobil dan sepeda motor di area parkir BSD Xtreme Park. “Sinar Mas Land terus bergiat untuk membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19. Kali ini dukungan kami berikan dengan penyediaan jasa rapid test drive-thru dalam kerja sama dengan Homecare24. Sinar Mas Land menyediakan sarana berupa tempat yang mumpuni di BSD Extreme Park serta prasarana penunjang seperti konsumsi bagi petugas medis, baik yang menjalankan ibadah puasa untuk berbuka maupun yang tidak berpuasa, selama kegiatan berlangsung. Dalam program yang kami sebut Gerakan Kemanusiaan ini, test kami berikan secara gratis dan terbuka bagi segala lapisan masyarakat, khususnya untuk masyarakat yang saat ini masih tetap bekerja (tidak bisa #dirumahsaja), seperti tim medis, pekerja harian, dan lain sebagainya. Semoga program ini dapat memberi keringanan dan kesehatan bagi masyarakat luas,” ujar Herry. Konsumsi yang disediakan Sinar Mas Land didatangkan dari Sevara Kitchen yang merupakan sebuah catering premium dari BSD City. 

Penyelenggaraan dilaksanakan dengan sistem drive-thru baik dengan mobil atau motor sehingga peserta tetap dapat melakukan physical distancing.


Menurut Theresia Lumban Gaol selaku CEO Homecare24, pihaknya menyediakan 100,000 rapid test kit (serology) yang akan dilaksanakan di beberapa lokasi. Sementara, di BSD Extreme Park akan diselenggarakan sebanyak 2.000 rapid test secara gratis kepada seluruh masyarakat. Selanjutnya, kami juga mendatangkan 100 perawat lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang akan bertugas selama pemeriksaan berlangsung. Bagi warga yang ingin mengikuti layanan tersebut, mereka harus mendaftar terlebih dahulu di aplikasi Homecare24 untuk mengetahui jadwal tes. Pasalnya, sebanyak 500 orang yang dapat menerima layanan rapid test drive thru  setiap harinya akan dibatasi bergiliran maksimal 55 orang setiap jamnya. 

Mekanisme pemeriksaan yaitu pengunjung tetap berada dalam kendaraan saat rapid test dilakukan. Para petugas akan mendatangi pengunjung untuk mengambil sampel darah dari ujung jari. Setelah selesai, pengunjung melakukan perjalanan kembali sehingga tidak ada yang turun dari kendaraan mereka. “Hasil akan tampak biasanya sekitar 10-15 menit setelah tes dilakukan. Bila hasilnya negatif, rapid test perlu diulang lagi setelah 7-10 hari,” tutur Theresia.

Bila terdapat hasil tes yang positif, pengunjung akan memperoleh edukasi langsung dari dokter. Dokter akan mengunjungi rumah pasien sehingga tidak ada konsultasi di lapangan. Pasien diminta melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari meskipun tidak mengalami gejala sama sekali dan merasa sehat.

***

Dukungan Sinar Mas Land Mencegah Penyebaran Covid-19

Semenjak resmi dinyatakan pandemi Covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Sinar Mas Land melakukan berbagai upaya untuk membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus tersebut. Upaya yang dilakukan perusahaan di beberapa bidang di antaranya bantuan alat kesehatan, bantuan bahan pangan, dan lain-lain. Bantuan berupa alat Kesehatan meliputi pengadaan 25.000 rapid test kit yang disumbangkan kepada Kementerian Kesehatan, beberapa pemerintah daerah, serta instansi kesehatan terkait lain. Penyelenggaraan 2.000 rapid test Covid-19 bagi warga sekitar BSD City dengan sistem drive-thru yang merupakan kerja sama Sinar Mas Land dan Homecare 24. 

Penyaluran ribuan masker kain yang didistribusikan ke sejumlah puskesmas di Tangerang Selatan, RSCM, sejumlah sekolah yang tergabung dalam Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), 100 masjid di kawasan BSD City, serta personel TNI-POLRI di wilayah Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan wilayah Karawang Jawa Barat seperti Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Karawang. Selain itu, Sinar Mas Land mendistribusikan lebih dari 210.000 liter hand sanitizer ke Batam, Kabupaten Karawang, sejumlah desa di sekitar kawasan Kota Deltamas Cikarang Jawa Barat, serta ke wilayah Tangerang Raya. 

Sebanyak 5.240 liter cairan disinfektan juga disalurkan ke permukiman warga di sekitar BSD City, Kota Deltamas Cikarang, hingga KIIC Karawang. Untuk melindungi tenaga medis dari terinfeksi virus covid-19 perusahaan juga menyerahkan (alat pelindung diri) APD sebanyak 1.750 yang kemudian disalurkan ke sejumlah rumah sakit rujukan pasien covid-19. Ada pula bantuan 350 face shield, tempat cuci tangan portable, dan alat pengukur suhu tubuh.

Perusahaan juga mendistribusikan bahan pangan yaitu 1,5 ton beras dan 250 kardus mi instan kepada warga sekitar BSD City, Cikarang, dan Karawang. Sebanyak 10.500 paket bahan pangan juga didistribusikan secara bertahap untuk warga terdampak covid-19 di wilayah Jabodetabek. Selain distribusi bahan pangan, Sinar Mas Land juga mendistribusikan 3.000 nasi kotak siap santap serta 30.000 kapsul vitamin C dan E. Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan, Sinar Mas Land memberikan paket bantuan bagi para pemakmur masjid (para takmir, muazin, imam, dan marbot) di 100 masjid sekitar BSD City berupa Al-Qur'an, masker, kapsul vitamin C dan E, beras, dan mi instan.


Untuk informasi lebih lanjut hubungi:
Atikah. Sunarya
Head of Public Relations and Social Media
Sinar Mas Land
Tel : 021- 50 368 368
Email : Atikah.sunarya@sinarmasland.com

You Might Also Like

0 comments

Makasih buat jejaknya... ^_^

Diberdayakan oleh Blogger.

Laporkan Penyalahgunaan

Halaman